CV. IT Fourteen

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

SIMRS merupakan sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat.

Antar muka aplikasi SIMRS berbasis web merupakan sarana pendukung yang sangat penting untuk membantu kegiatan operasional rumah sakit. Dengan aplikasi web, suatu perusahaan dapat menghemat biaya department IT terutama pada saat melakukan installasi software pada masing-masing komputer user. Dengan aplikasi web, semua user tersebut hanya memerlukan sebuah komputer dengan browser web dan koneksi ke jaringan intranet / internet. Selain itu dengan menerapkan aplikasi web proses pemeliharaan menjadi lebih mudah, dimana apabila terdapat upgrade aplikasi ke versi yang lebih baru, maka proses upgrade tersebut cukup dilakukan pada server web, dengan demikian semua pengguna akan mendapatkan versi yang terbaru tersebut. Aplikasi web juga dapat diinstalasi pada berbagai sistem operasi seperti windows, linux, macOS dan lain-lain. Jika aplikasi tersebut dibangun sesuai standard, maka akan berjalan dengan baik pada semua browser web modern, seperti internet explorer, Mozilla Firefox, Opera, google chrome atau Safari.
Berbagai pengalaman rumah sakit yang menggunakan sistim administrasi konvensional menunjukan banyaknya kehilangan kesempatan memperoleh laba akibat dari lemahnya koordinasi antar departemen maupun kurangnya dukungan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi.

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dirancang untuk penggunaan multi user yang saling terintegrasi (team work), dimana terdapat pembagian hak akses untuk setiap kelompok pengguna berdasarkan modul, menu dan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi SIMRS. Untuk itu diperlukan seorang Administrator aplikasi yang bertugas untuk mengelola pembagian hak akses pengguna, pemeliharaan database serta proses update aplikasi jika terdapat penambahan / perbaikan fitur yang terdapat pada aplikasi SIMRS. Selain tugas tersebut administrator juga berfungsi sebagai penghubung antara pihak rumah sakit dengan pengembang aplikasi dalam hal menyampaikan keluhan / kebutuhan dari pengguna apabila terdapat kelemahan ataupun permintaan tambahan fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengguna.
Untuk SDM lainnya, karena aplikasi SIMRS dibangun berbasis web maka diperlukan pengetahuan dasar mengenai komputer, cara mengakses web melalui jaringan intranet / internet, penggunaan browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer maupun browser lainnya.

Adapun modul yang terdapat pada aplikasi SIMRS adalah :
1. Modul Beranda (Home Page)
2. Modul Master
3. Modul Admisi
4. Modul Rekam Medis
5. Modul Rawat Jalan
6. Modul IGD
7. Modul Rawat Inap
8. Modul OK / VK
9. Modul RR (Recovery Room)
10. Modul Penunjang Medis (Laboratorium, Radiologi, Elektromedik
dan Fisioterapi)
11. Modul SDM
12. Modul Kasir
13. Modul Farmasi
14. Modul Keuangan
15. Modul Pengaturan